Sepuluh Jenis Kurma Terpopuler (via Islampos)

The Same Rainbow's End - Dates

Selama ini mungkin kita tidak terlalu paham dengan jenis-jenis kurma yang banyak beredar di pasaran, baik di supermarket atau toko-toko Muslim. Padahal sejatinya begitu begitu banyak ragam yang bisa dipelajari dari buah yang satu ini.

Kurma dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan yang menggunakan penamaan Arab, yaitu kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), dan tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Berangkat dari empat tingkat kematangan tersebut, begitu banyak jenis kurma yang populer di dunia. Berikut adalah sepuluh di antaranya:

1. Kurma Ajwah
Di pasaran, kurma jenis ini menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia dan memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Konon kurma jenis ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW.

2. Kurma Deglet Noor
Kurma memiliki ciri-ciri warna kuning keemasan, tidak terlalu kering, dan juga tidak terlalu manis. Kurma ini merupakan varietas unggul yang sangat terkenal di Libya, Aljazair, Amerika Serikat, dan Tunisia.

3. Kurma Amer Hajj
Biasa juga disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut namun juga tebal. Dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.

4. Kurma Mozafati
Kurma jenis ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga 2 tahun jika disimpan di suhu -5 derajat Celcius. Kurma Mozafati merupakan jenis kurma yang berwarna gelap, bertekstur lembut, dan berukuran sedang.

5. Kurma Halawi
Disebut juga sebagai kurma holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi tentu memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya.

6. Kurma Umelkhashab
Memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Kurma jenis ini berasal dari Saudi Arabia. Selain rasanya yang unik, Umelkhashab berwarna sedikit kemerahan.

7. Kurma Thoory
Biasa juga disebut sebagai kurma Thuri. Kurma yang populer di Aljazair ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput.

8. Kurma Zaghloul
Memiliki bentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

9. Kurma Sekkeri
Kurma jenis ini berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas.

10. Kurma Saidy
Kurma yang populer di Libya ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma Sekkeri.

—–

Edited by @gastroficionado

Photo courtesy of The Same Rainbow’s End

Source: http://www.islampos.com/ini-dia-10-jenis-kurma-terpopuler-120045/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s