Sejarah Kelam Eropa: Perang 30 Tahun (via Islampos)

Eropa dengan segala kemajuannya pada hari saat ini tidak terlepas dari peranan Islam pada masa lalu. Islam ibarat “jembatan emas” Eropa modern dengan Eropa yang kelam. Dan siapa sangka pada zaman dulu Eropa berada dalam era kebodohan, kemunduran, dan penuh dengan peperangan, bahkan dengan sesama warga Eropa itu sendiri.

Tercatat bahwa Eropa pernah mengalami sebuah peperangan yang cukup panjang sebelum terjadinya perang dunia, yaitu “Perang 30 Tahun,” yang terjadi pada tahun 1618 hingga 1648.

Perang ini juga dikenal sebagai “Thirty Years of War” yang terjadi di wilayah Jerman. Perang ini merupakan salah satu rangkaian konflik terburuk yang pernah tercatat dalam sejarah Eropa dan peradaban manusia. Awalnya perang ini adalah perang saudara antara 2 kubu besar, yaitu Katolik dan Protestan yang akhirnya melibatkan negara-negara bawahan Jerman.

Kerajaan-kerajaan kuat di Eropa saat itu seperti Spanyol, Prancis, Bohemia, Denmark, Belanda, Swedia, dan Turki turut memberi bantuan uang, tentara dan senjata.

Perang ini telah merenggut sekira 40% atau hampir 8 juta nyawa di Jerman, selain karena wabah penyakit dan kelaparan akibat perang tersebut. Di daerah seperti Wurttemburg, “Thirty Years of War,” telah membunuh hingga 3/4 populasi warga.

Perang tersebut mulai reda setelah negara-negara yang terlibat perang kehabisan uang dan senjata, dan terhenti secara resmi dengan ditekennya perjanjian Westphalia, yang menjadi dasar kedaulatan negara.

—–

Link: https://www.islampos.com/sejarah-kelam-eropa-perang-30-tahun-181391/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s